Wednesday, May 29, 2013

Hakone by Odakyu Romance Car

Salah satu ambisi waktu kemaren ke Tokyo adalah ngeliat Gunung Fuji. Karena udah dari kecil dicekokin komik Doraemon yang sering ada gambar Mount Fuji nya, jadi ngeliat Mt. Fuji adalah agenda wajib aku! Nah, cara untuk menikmati pemandangan Mount Fuji ini bisa di dua tempat : ke Fuji Five Lakes atau ke Hakone. Atau ada rekomen dari tempat lain? Kalau ada mau dong dikasih tau di comment :)

Setelah brosing sana sini, nanya sana sini kok kayanya orang-orang lebih populer ke Hakone jadinya aku mutusin kesana juga. Jaraknya sekitar 85 menit pake super express train, atau sekitar 2 jam pake mobil/bus dari Tokyo. Jauh ya.. semacam dari Jakarta ke Cipanas gitu deh..

Aku sempet nanya ama Mercure Hotel, mereka ada gak tour yang bisa pick up ke hotel, jadi gue tau beres aja tinggal tidur n sampe. Trus mereka rekomen satu tour gitu, harganya 11.000 Yen/orang. Tapi dipikir-pikir jiwa emak irit nya mendadak kambuh, masa iya sih gue ga bisa kesana sendiri?

Trus ketemulah yang namanya Hakone Free Pass, satu tiket Pass ini berlaku untuk Train dari Tokyo-Hakone, dan juga bus, train, boat, cablecar dan ropeways yang berada di Hakone Free Area. Tiket Pass ini ada yang berlaku untuk 2 hari dan 3 hari penuh. Sebenernya kita cuma sehari di Hakone tapi kalo diitung-itung lumayan juga sih daripada beli satuan harganya kurang lebih sama, dan rempong juga misal kita beli satu-satu, jadi kmrn beli yang 2 Day Pass aja. Harganya dari Tokyo cuma 5000 Yen/orang. Dibanding naik tour, lumayan juga kan saving-nya.

Oke.. jadi rencana beli Hakone Free Pass kan..
terus............
bingung.............
Kok ada macem-macem ya, ada bus, train, boat, cable car, ropeways... ini area segitu luasnya?
Trus naik apa dulu? Rute nya gimana?
Asli waktu liat website Japan-Guide itu gue bengong..

Ternyata jawabannya ada di website Odakyu Romance Car.

Hah? Apah? Romance Car?
Mobil limousine? Atau mobil yang kegelapan kaca film-nya 100%?
BUKAN! Ternyata Romance Car itu gini bentuknya sodara-sodara!!





Yaampooon car darimana atuh Ceuuuuu... hahaha..

Nah dari website Odakyu itulah semuanya jadi terpampang nyata. Bukan buaian semata.. Jelas seada-adanya.. Mereka nyantumin Model Sightseeing Course nya lengkap dan jelas.



Tapi Hakone Free Pass itu bisa berlaku untuk train biasa ya.. sedangkan romance car adalah super express train, dari Shinjuku Station ke Odawara Station gak pake berenti-berenti. Jadi kita nambah additional Charge 870 Yen/orang kalau kita beli Hakone Free Pass. Kmrn kita beli untuk 3 adults (Aku, Papa n Mama Mertua) dan 1 tiket child dengan total biaya sbb :



5220 yen (Romance Car Additional Charge 870yen x 6 adults x Round Trip)


880 yen (Romance Car Additional Charge 870yen x 1 child x Round Trip)

15000yen (2-day Free pass 5000yen x 3 adults)

1500yen (2-day Free pass 1500yen x 1 adults
Total Amount : 22600 yen

Romance car ini limited lho seat-nya. Jadi aku rekomen untuk reserve dulu sebelumnya via email. Lalu satu hari sebelumnya bayar di Odakyu Sightseeing Center di Shinjuku Station.


Lalu besoknya dimulailah perjalanan kita menuju Hakone.

Pertama kita naik Odakyu Romance Car dari Shinjuku Station ke Hakone Yumoto Station (85 menit). Eh ada Doraemon!! Hihihi..






Trus naik Hakone Tozan Train, aku skip ke Chukoku-no-mori station yang ktnya ada Hakone Open Air Museum, dan langsung menuju last stop nya di Gora Station. Disini ada beberapa resto dan toko souvenir. Kalo laper mending makan dulu disini.




Dari Gora Station langsung menuju naik Hakone Tozan Cable Car menuju Souzan Station.



Lanjut lagi naik Hakone Ropeway, bisa turun di Owakudani Station kalau mau makan telor rebus hitam (di rebus di kawah gunung) tapi aku skip dan langsung menuju Togendai Station, dimana pemandangannya sungguh spektakuler... kalau... gak berkabut. Huhuhuhuhuh... sayaaaang bangeeeet pas kmrn itu berkabut jadi Mt. Fuji nya gak kliatan. *mewek* *mencoba ikhlas*






Sampai di Togendai kita naik boat berlayar nyebrang Lake Ashi. Wow komplit ya.. udah naik ropeway di ketinggian, sekarang kita berlayar di danau. Dan harusnya sepanjang berlayar itu kita bisa ngeliat Mount Fuji, tapi sayang berkabut :( Tapi lumayan terhibur juga sih sama pemandangan alam nya.





Turun dari boat kita sampai di Moto-Hakone station, dan dari sana naik Hakone Tozan Bus kembali menuju Hakone Yumoto Station. Dari situ naik Odakyu Romance Car lagi menuju Shinjuku Station.

Sebenernya kalau mau belanja, ada Gotemba Factory Outlet gak jauh dari sini. Ada service bus dari Gora Station ke Gotemba FO perjalanannya kira-kira 45 menit. Katanya sih bisa kalap disana, karena berbagai brand dijual murah. Tapiiii berhubung temanya mau ngirit jadi eike gak kesana dan milih pegang dompet kenceng-kenceng. Ugh...

Alhamdulillah perjalanannya lancar, cuaca walau berkabut tapi gak hujan aja udah bersyukur deh.. Sepanjang naik Romance car itu kita ngeliat rumah-rumah kecil ala Jepang dan pohon sakura dimana-mana. Beda banget sama Tokyo yang penuh gedung bertingkat. Lumayan suasananya jadi beda. Dan seneng bisa hemat! Itu yang paling penting, hehe..


PS : Alhamdulillah partner in crime sayah Dhita pas ke Hakone gak berkabut. Gunung Fuji nya keliatan cantik banget yaaaa!






3 comments:

  1. ini total perjalanan kira2 berapa lama ya sampenya? tiket balik ke tokyo paling malem jam brp ya?
    makasih lohhh blognya membantu banget:)

    ReplyDelete
  2. Nice share mb. ehmm tp saya bingung. Mb bilang hakone free day pass 2 hari 5000 yen. Lah koq itu itungannya yang paling bawah ada 1500 yen x 1 adult? Itu biaya apa ya? romance carnya kan 800 yen.

    Bisa ditulis lbh rinci? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1500 yen itu sperti nya harga child untuk Hakone pass nya

      mampir ke www.wisatakeren.com

      Delete