Wednesday, January 2, 2013

Ullen Sentalu Museum, Yogyakarta



Kalau menjabarkan Ullen Sentalu dengan 2 kata, mungkin aku akan bilang : History and Mistery *ceile*

Museum Seni dan Budaya yg lokasinya di Kaliurang Yogyakarta ini memang sengaja dibangun untuk menceritakan sejarah Kratan Yogyakarta dan Surakarta (Solo). Punya pemerintah? Ohh.. bukan :D punya pribadi alias swasta. Yang mendapat dukungan dan persetujuan dari Keraton Yogyakarta dan Solo. Museum ini menurut aku adalah tempat ter-asik dan ter-keren untuk tau sejarah Keraton. Trus misterinya apa?


Misterinya udah kerasa kok diawal pintu dibuka dan kita dipersilahkan masuk oleh tour guide. Tapi sebelum masuk foto-foto dulu dong.. soalnya kalo didalem gak boleh foto-foto.






Begitu pintu dibuka, kita disambut suasana hutan dan tangga batu-batuan, lalu kita turun masuk ke lorong yang sengaja dibuat menyerupai Guwo Selo Giri (Gua Selo Giri). Jauh dari kesan horor kok, apalagi kalo rame-rame. Baru deh kita sampe keruangan yang penuh gamelan dan lukisan-lukisan raksasa para Puteri Keraton. Aduh cantik-cantik mak.. aura-nya ningrat... (ya menurut lo? masa aura-nya kasih).

Setelah dijelaskan beberapa hal sama tour guide, kita nyusurin lorong lagi. Dijelaskan lagi silsilah keluarga Keraton, trus kita ngelewatin lagi banyak lukisan-lukisan besar yang baguuussss banget. Ada lukisan Putri Keraton yang berkuda, keluarga Keraton, ada juga lukisan 3 dimensi, jadi ada lukisan salah satu Putri Keraton lagi dudul di depan meja rias, nah kita liatin aja mata-nya.. katanya kemanapun kita jalan, matanya akan terus ngikutin kita... hedew canggih ya.. hihi..

Nah di Ullen Sentalu ini, antara ruang satu dan ruang lain itu kita akan melewati ruang terbuka. Jadi WAJIB bawa PAYUNG yaa.. ini udah disebutkan juga di websitenya.. Dan pas benerrr kita kesana ujan dong! Tp karena masing rintik2 jadi kita terusin aja ke ruang batik Yogya, batik Solo, trus ada satu ruang yang khusus dibuat untuk Gusti Nurul. Salah satu Putri Kraton yang cantiiiik banget, saking cantiknya sampe ditaksir Presiden Soekarno jaman itu. Tapi ktnya ditolak dengan halus (katanya lho ya, aku ga tau sehalus apa, hehe) Di ruangan itu ada patung waktu dia masih anak-anak, waktu dia gadis, dan sudah berumur.. Ya jadi seruangan itu kaya menceritakan Gusti Nurul dari masa ke masa.

Nah selama kita menyusuri ruangan demi ruangan itu kita dilarang memotret, baru setelah kita tiba di ruangan istirahat dan disuguhin minuman Jamu "Ratu Mas Drank" (semacam wedang jahe, yang katanya diminum keluarga Keraton untuk obat awet muda), baru deh boleh foto-foto.


The Sumarnas.. dress code white on jeans, hmmm -________-'

Aku tampak bersinar ya.. karena emang disinari blitz kamera..


bersama suami tercinta. selesai deh tour-nya... skrg tinggal tour ke hatimu.. *hayah*

Yang paling berkesan mungkin diruangan terakhir sih.. Jadi ada patung penari gitu.. trus ada lukisannya.. Ada tarian yang harus dilakukan oleh 9 orang gadis yang masih perawan dan saat itu sedang tidak datang bulan. Yang menarik adalah, waktu tarian itu sedang berlangsung biasanya penari ke-10 akan datang ditengah-tengah mereka.. yang tak lain dan tak bukan adalah.. Nyai Ratu Roro Kidul. Hyuk mareee.. hahaha.. Jadi lukisan Sang Nyai samar-samar gitu diatas. Hoaaah.. aku merinding disko..


Jadi kesimpulannya.. walau sempet keujanan dan bengong diruang istirahat.. Ullen Sentalu is a MUST VISIT Museum. Well at least once.. Kalau untuk re-visit kayanya aku ngga sih, jadi cukup tau sekali. Mang ucup (Om aku) seneeng banget diajak kesini... sangat terpesona katanya :D dan memang gak cuma untuk tujuan wisata tapi juga edukasi.

Karena lokasinya di daerah kaliurang (sekitar 1,5 jam dari tgh kota Yogya) jadi pake baju agak tebel aja.. jangan kaya eike pake kaos tipis.. udah mana ujan, saltum bener deh.

Total waktu tour adalah 50 menit. Satu grup biasanya sekitar 20 orang akan ditemani oleh 1 guide. Tiket masuk sebesar Rp. 25.000,-/orang. Keluar dari museum kita langsung lunch di Beukenhof. Restoran yang masih jadi bagian dari Ullen Sentalu ini interior-nya serba Belanda jaman dulu yang menyajikan makanan ala western. Next post akan di review Beukenhof resto-nya. klik disini.

Ullen Sentalu
www.ullensentalu.com
Jl Boyong Kaliurang, Sleman Yogyakarta
(Tel. +62 274 895161) 

13 comments:

  1. Wah. interesting place untuk dikunjungin nih. mari bajukan situs" lokal!
    nice posting

    @beanpedia
    http://www.beanpedia.net

    ReplyDelete
  2. Ih seru banget, aku baru tahu ada museum kayak gini, hehe..
    Tujuan berikutnya berarti ya kalo ke Yogya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, aku juga baru nemu pas brosing itin ke jogja. seru deh! must visit!

      Delete
    2. hihi, aku kemaren akhirnya kesini.. Makasih ya mbak buat reviewnya :p

      Delete
  3. iih aku suka banget ullen sentalu!
    kayaknya ini satu dari sedikit mueseum yang aku suka di Indo.
    Yang lainnya terkesan horor dan ga keurus.. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurnya ini agak horor juga sih.. apalagi yang ada lukisan Nyai Roro Kidul, hihihi.. tp emg bersiiihhhh jadinya kece yak!

      Delete
  4. kak, ini kao masuk ke museumnya harus rombongan ya? kalo individu boleh masuk gag? ato gabung sama yang lain? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. individu boleh tp digabung sama yang lain jeng, jadi sekali masuk kalo ga salah sekitar 20 orang dpt 1 guide

      Delete
  5. Wah seru banget ya Mba'...sering ke Jogja tapi baru denger museum ini..salam kenal :)

    ReplyDelete
  6. Kemari ku kesana mau foto didalam ruanganya ngga bisa ea..

    ReplyDelete
  7. kemarin aku kesana tapi sayang nya ngga bisa foto didalam ruangan eA

    ReplyDelete