Tuesday, November 13, 2012

Hunting Tiket Pesawat Promo



Sebagai Mama yang suka traveling tapi alokasi dana liburan terbatas, tiap ada tiket pesawat promo pasti aku jadi orang pertama yang nongkrongin. Jadi waktu tau tgl 9-11 November 2012 kemaren Garuda Indonesia mau ngadain Travel Fair lagi, aku sibuk liat tanggalan thn 2013 karena promo terbangnya sampai Oktober tahun 2013.

Hari Pertama Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) siang jam 1, tepat selesai pembukaan, aku udah nongkrong manis di JCC Senayan antri tiket masuk GATF gratisan karena punya kartu debit Mandiri. Dulu waktu pertama kali datang ke GATF aku sempet bingung juga, booth-nya rame banget, trus poster iklan liburan dimana-mana. Loh ini jualan tour apa tiket ya? awalnya mikir gitu.. yang ternyata ya dua-duanya. Mau nanya harga tiket juga ternyata gak terlalu praktis, kita harus datang ke salah satu booth, trus nanya ke tour yang menyediakan layanan ticket only, dan gak semua tour bisa. Ada juga tour yang khusus melayani paket tour, gak menjual tiket aja.



Tapi karena ini kunjungan aku yang ketiga ke GATF jadi aku langsung tau apa yang harus aku
kunjungi pertama kali, yaitu : Booth Garuda. Untuk cek harga tiket terendah yang bisa aku dapat. Setelah aku dapat harganya baru aku ke booth Tour untuk cek apakah tanggal yang aku pilih masih available harga promo nya. Yep, dalam satu hari itu harga promonya terbatas, hanya sekitar 9 sampai 20 seat, tergantung tanggalnya.

Jadi cek-cek harganya nih kakaak.. di GATF 2012 kemarin (tiket pulang pergi / return) :

Singapore 131 USD nett
Taipei 335 USD nett
Seoul 617 USD nett
Bangkok 321 USD nett
Hongkong 405 USD nett
Tokyo 677 USD nett
Ghuang zhou 429 USD nett
Perth 538 USD nett
Amsterdam 953 USD nett

Kenapa aku tulis nett? Karena di twitter Garuda menyebutkan promo ke Spore mulai 30 USD PP, dan itu memang bener kok, tapi belum termasuk tax. Jadi kurang lebih dengan tax nett nya 131 USD. Mahal? Murah? Menurut aku tergantung tanggal pilihan kita pas peak season atau low season. Kalau saat low season kita mungkin bisa dapat harga lebih murah dengan penerbangan lain, tapi kemarin aku dapat untuk tgl 20 Des yang mana lagi peak season banget karena mendekati Natal, seharga 131 USD return itu menurut aku sih murah. Karena penerbangan lain aku udah cek gak bisa lebih murah dari itu, bahkan cenderung 200 USD keatas.

Jadi yang menurut aku paling worth it harganya di GATF 2012 kemarin adalah ke Singapore dan Taipei. Karena harga lainnya masih tinggi, dan bahkan promo early bird Garuda kemarin lebih rendah daripada GATF ini.

Tapi overall GATF sangat menyenangkan untuk dikunjungin tiap tahunnya, karena selain booth Tour and Travel ada juga Booth dari negara-negara. Aku langsung ambilin brosur ke Seoul lengkap ama map dan travel guide nya, entah kapan kesana nya, cuma bisa ngiler kemaren liat-liat foto Dhita :D


Terus beli tiket kemana di GATF? Sempet booking sih ke Spore untuk Desember, kan bisa tuh hari ini booking tapi issued besoknya. Tapi dibatalin karena salah satu tante aku gak setuju liburan keluarga kesana haha.. Dhita juga pulang dengan tangan hampa. Tapi kita seneng sih cuma liat-liat aja, janjian juga ama @liactk yang akhirnya cuma Lia yang bawa pulang beberapa tiket ke Taipei untuk nengok suami tercinta, hihihi..

Eh besoknya @ainaira ngasih tau kalo Mandala promo juga. Ai dapet tiket ke Padang 10.200 rupiah sekali jalan, hahahaha.. parah murahnya, lebih mahal bajay dari kantor aku ke pasar tebet. Tapi aku cek udah abis yang 10ribu, dapet sih 200rb PP Jakarta-Padang, trus Jakarta-Singapore 700rb tanggal brp ya lupa, pokoknya terbangnya sampe Maret 2013, cek cek aja tiap tanggal hahaha *kurang kerjaan* tapi ingat-ingat dana liburan menipis yaaa..  *CLOSE TAB*

Yang mau hunting tiket Mandala coba ceki-ceki aja website nya disini, promo-nya masih sampe 14 Nov 2012, siapa cepat dia dapat!!




11 comments:

  1. aku masih punya tiket gocengan ke semarang mbak...hehehe

    #songong

    ReplyDelete
  2. Hwaaat gocengan?? hhahaha sama parah.. selamat jalan2 :D


    -darina-

    ReplyDelete
  3. Yang 700rb itu Jakarta - Singapore PP apa sekali jalan, Tur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Return sayangkuw.. tiket pesawat aja. udah termasuk tax. sok sanah liburan hihihi..

      Delete
  4. Mba2 kece, salam kenal yah :D

    Kalo punya CC mandiri, sekarang bisa tuker powerpointnya buat free flight AirAsia loh.. Kemarin aku dapet tiket BDG-Bali untuk bulan desember b2 suamiku PP cuma bayar 35rb..mahalan beli kursinya 72rb :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. icha
      whoaa angsung jadi pengen cek point di CC mandiri deh ni :)) mayan banget ya jadinya. thanks info nya ya :))

      Delete
    2. Mo nambahin info aja ney.. Sebenernya ga perlu beli kursinya dulu kl kita pesen awal dan langsung cek in ... Alhasil akuu kemaren berempat, pake uji nyali ga pilih kursi dapet juga tuh 1 deret... (eeh... satu di seberang yaaa...)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. oitttt kenapa ada nama gw hahaha.. pake ditulis jenguk suami tercinta pulak.. Jadi kemaren lo bedua kaga menghasilkan tuh? udah nanya semua destination? hhaahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha eymm.. udah semua tujuan ditanyain taunya ga beli apa2 :)) abis gmn tante gue ga setuju, gue kan liburannya nebeng :P

      -darina-

      Delete
  7. Sangat membantu. haus akan TIKET PROMO, butuh tuk liburan musim mendatang... Makasi DARINA

    ReplyDelete