Friday, November 25, 2016

First Ski Holiday at Yong Pyong Ski Resort

Jadi ceritanya kita belum pernah main ski sama sekali seumur hidup. Pengen dong ngerasain kaya gimana sih main ski di atas salju. Nah berhubung bajet baru bisa sampe Asia, jadi dilirik lah 2 negara yang punya ski resort : Jepang dan Korea. Dan berhubung kita udah pernah ke Jepang, jadi kita memilih Korea untuk liburan keluarga tahun ini.

Sebelum hunting tiket promo pesawat, aku googling dulu beberapa ski resort di sekitar Seoul. Dan ternyata yang buka tengah November (late autumn) itu cuma di daerah Pyeong Chang. Sekitar 200 km dari Seoul, ya kira-kira 3-4 jam perjalanan darat.Rencananya Pyeong Chang akan menjadi host Olympic Winter Games 2018 lho! Ada beberapa ski resort disini tapi setelah googling aku putuskan ke Yong Pyong ski resort aja. Sementara Dhita dulu ke High1 ski resort.

pic from http://english.visitkorea.or.kr

Udah doang aman, belilah tiket pesawat tengah Nov. Yang taunyaaaaaaaaa.... belum buka itu ski resort-nya pas kita berangkat pemirsah!! Waaaaaa gimanaaa iniiiih... orang ke Korea pengen maen ski malah gagal total. Fyi, mereka buka tanggal 18 Nov, sedangkan kita rencana kesana tanggal 14 Nov. Beda berapa hari doang kan.. haduuuu gemaaaasss....

Dengan keadaan pasrah akhirnya aku tetep email ke salah satu ski resort dan mereka bilang bisa aja main ski walau ski resort belum buka, tapi pake artificial snow. Ya gak apa-apalah salju palsu juga yang penting maen ski, akhirnya berhasil juga nih rencana pergi ke Yong Pyong Ski Resort!

How to get there

Sebenernya bisa dengan beberapa cara :
  • Sewa mobil dan nyetir sendiri, ini option murah kalau mau rame-rame, barang banyak, dan males gotong-gotong barang. Apalagi kalau rencana mau menginap di resort. Aku cari sih sewa mobil gitu sekitar 1 jutaan/hari. Tapi berhubung kita gak mau nginep, dan mental tempe takut kalau nyasar jadi opsi ini gak kita pilih.
  • Naik Subway dan beberapa angkutan umum lain. Tapi ya gitu, gonta ganti kereta. Yagapapa sih buat yang masih single mungkin sekalian liat-liat Oppa ganteng.
  • Booking paket ski tour. Ini opsi yang paling nyaman, dijemput di hotel, duduk manis sampe resort. pulang juga tinggal diantar. Tapi ya mahal pemirsah hahaha.. bisa kena 1jutaan/orang.
  • Shuttle Bus. Naaah akhirnya nemu juga nih shuttle bus namanya purple ski bus, bisa booking di website tourtokorea.com. Berhubung ski resort belum buka, jadi shuttle bus cuma ada sekali berangkat jam 9 pagi, dan pulang jam 5 sore. Kalau udah open season ada tiap beberapa jam, kita tinggal order via website disini. Tapi karena off season jadi kita order via email, sama mereka dikasih semacam form untuk diisi.

Biaya Bus (return) :
Adult : US $32
Child : US $26

Mereka juga ada shuttle bus dari Incheon Airport.

Off We Go....

Kita berangkat pagi-pagi dari apartemen dan udah sampe di Sport Complex Station jam 8 pagi. Karena off season jadi bus cuma ada yang berangkat dari Sport Complex Station, dan cuma ada jam 9 pagi. Perjalanan sekitar 3 jam, aku pikir anak-anak cape ya, tapi ternyata bus-nya nyaman banget. Tempat duduknya lebar kaya business class, ada sandaran kaki, jadi selama perjalanan anak-anak tidur pules.

Sport complex

Sampe ke Yong Pyong jam 12 siang, suasana resort sepi banget karena masih off season, trus restoran dan toko masih pada tutup. Untungnya di lantai 2 ada convinience store (semacam 7Eleven) jadi aku beli nasi yang udah di packing kaya pop mie gitu, tinggal diangetin pake microwave, dimakan pake abon dan rendang yang bawa dari indo, hahahaha emak-emak banget yah. Daripada makan di hotel lama lagi deh. Waktu kita sempit soalnya, jam 5 udah kudu pulang naik bus.

Sewa ski board, sewa baju dan sewa locker

Kita beli tiket admission yang mana lagi special price cuma 10.000 won dari harga normal 33.000 won. Horeeeeehh... itu udah termasuk sewa alat ski, tapi belum termasuk sewa baju. Sewa baju (jaket dan celana) sekitar 17.000 won. Ambil alat ski di Dragon Plaza.

sewa baju

ukur kaki lalu ambil ski board disana
 Untuk naro barang-barang kita bisa sewa loker. Tinggal masukin aja koin 1000-an untuk cabut kuncinya.

sewa locker

tempat "parkir"

Kalau mau lift keatas kudu bayar lagi, tapi berhubung Zahra masih 7 tahun dan emaknya rada parno ngelepas sama Papa nya yang amatiran juga main ski, jadi lebih baik gak usah aja ya nak.

Kita cukup beruntung lho dipinjemin slide gratis (semacam tempat duduk plastik untuk anak-anak jadi kita tinggal narik pake tali gitu). Ada turis Malaysia nanya aku dapet dimana slide-nya, dan waktu mereka minta gak dikasih loh. Alhamdulillah rejeki emak soleha...

Jangan lupa sebelum main ski, lebih baik makan dulu dan ke toilet. Karena kalau udah pake sepatu ski beraaat beneeerrr untuk sekedar melangkah.

Si first timer umur 7 tahun ini ternyata langsung bisa loh main ski. Sementara emaknya sih gak main soalnya jagain adiknya yang masih umur 2 tahun. Ya agak kepleset-pleset dikit tapi namanya anak-anak kali ya, cepet bisanya.

Ternyata waktu 2-3 jam itu udah cukup sih buat main ski. Jadi dari jam 2, kita selesai jam 4. Minum hot chocolate dulu di Angel on Us Coffee sebentar, trus naik bus pulang jam 5 sore. Anak-anak sepanjang perjalanan tidur lagi. Turun di Myeong Dong, trus kita makan malam dan belanja sedikit. Abis itu pulang deh. Ternyata gak terlalu melelahkan seperti yang aku kira sebelumnya kok. Mungkin karena bus nyaman jadi kita malah bisa istirahat.

bus pulang ke seoul parkir di depan tower condo

Karena hotel di resort masih tutup jadi kita memang gak bisa nginep, tapi ide bagus juga kok kalau mau nginep karena di sekitar resort banyak yang bisa dilihat. Ada gondola, kebun binatang mini, dll. Atau kalau mau sekalian wisata ke Mt. Seorak dan Seorak National Park.

1 comment:

1. seru banget ya ceritanya,,,bisa liburan dengan anak2 juga,,,
    kalau aja ada temapta maen sky di indonesia,,jadi gak perlu jauh2 ke Korea,,
    tapi suatu saat mungkin akan ada,,
    makasi buat refernsi dan info liburannya,,,