Friday, April 25, 2014

Bangka Island : Beach Hopping

*Prepare yourself to see a lot of pics*

Kalo ngomongin kampung halaman gue Pulau Bangka, pasti ga jauh2 dari pantai dan makanan nya yang (menurut gue) super lezat. 

Sayang memang belum terlalu banyak fasilitas yang mendukung. Padahal potensi pariwisata nya cukup oke lho. Pantainya baguss dengan pasir yang putih bersih. Satu2nya resort yang layak menurut gue cuma Parai Beach Resort. Fasilitasnya lumayan lengkap, ada kolam renang dan beberapa water sport. 

Buat yang bawa anak2, pantai2 di Bangka cocok banget buat berenang, karena pantai nya landai dan ombaknya pun tenang banget. Sampe agak ke tengah pun cuma selutut dewasa. Aman deh buat anak2. 

Gue sendiri semenjak punya nikah baru beberapa kali mudik ke Bangka :p Setelah terakhir ke Bangka sekitar 2 taun lalu, akhirnya kemaren kita mudik lagi deh. Mumpung long weekend. Itupun dadakan bener..beli tiket 2 hari sebelum berangkat aje.

Kalo tempat tinggal, sebenernya bonyok gue punya rumah sederhana di Bangka. Tapi karena kemaren yang mudik sekampung (seluruh keluarga gue), ya ga muat lah ya, wong kamarnya cuma 2 biji. Alhasil, gue dan bonyok nginepnya di Novotel Hotel, sementara adek2 gue semuanya nginep di rumah. 

Entah kenapa di Bangka, waktu terasa berjalan sangat lama haha. Berhubung ga ada macet, menclok dari 1 tempat ke tempat lain itu paling cuma 10 menitan. Pas pertama dateng nih, kita udah heboh makan sampe 2 ronde, pas nengok jam..ealaahh baru berjalan 1 jam aja loh >_< 

Dan selama kita di Bangka, kerjaan nya ya cuma pergi dari 1 pantai ke pantai lain..

Pantai Pasir Padi - Pangkal Pinang
Ga sampe 30menit dari pusat kota, kita udah bisa ketemu pantai. Seru yahh..andaikan di Jakarta kayak gini. Di pantai Pasir Padi, ada beberapa resto2 seafood. Menurut gue sih biasa aja yah..ga usah makan disini juga ga rugi.

Pantainya sendiri kalo lagi surut jauhhhhhhh banget. Lebih mirip gurun pasir daripada pantai. Saking jauh nya, sering dijadiin arena balap motor ama ABG Bangka kalo pas surut *_* Mobil2 aja suka pada masuk ke area pasirnya.











Pantai Parai - Sungailiat
Parai merupakan pantai yang paling terkenal di Bangka. Walopun sebenernya ini private beach dari resort nya, tapi dibuka untuk umum kok. Cukup dengan membayar 20k (masuk pantai) atau 30k (plus renang di kolam) kita udah bisa masuk. Enaknya, karena dikelola oleh management resort yang cukup profesional, jadi pantai dan kolam renang pun terjaga kebersihan nya.

Kemaren pas kita kesana, bertepatan dengan event triathlon. Jadi selain rame dengan orang2, pantainya pun rame dengan atribut triathlon. Untung pas kita sampe udah mau selesai. Jadi ga lama pantai pun lebih sepi.









Yang membuat pantai Parai ini unik adalah banyaknya batu2 karang di sekitar pantai. Banyak orang yg bela2in manjat untuk liat view dari atas. Azka pun minta ikutan dong, tinggal kita aja yang jaga deg2an megangin dia takut jatoh kan.





Bayangin aja ya kita harus manjat2 dengan matahari terik yang kayaknya ada 5 biji di atas kepala saking panasnya. Mayan bikin cape yeee..

But after all the climbings, we got this spectacular view..
Gue yang udah sering aja tiap kesini selalu terpesona hehe



Pantai Tanjung Pesona - Sungailiat
Pemandangan di pantai Tanjung Pesona mirip dengan Parai karena memang berdekatan dan masih satu  garis pantai. Disini ada playground anak dan banyak ayunan untuk bersantai. Tapi ya gitu dehh..seadanya ya cynn :D Jangan bayangin macam resort pantai di Bali gitu. Ini ayunan nya besi dan udah karatan hehe. Memang seperti nya cuma menang di pantai aja yang pasirnya putih bersih dengan warna air laut yang cantik.

Gue pribadi sih jelas lebih seneng Parai ya, karena lebih terawat. Walopun sama2 resort, tapi management nya bagusan Parai. 




Kayaknya kita semua udah kecapean abis manjat2 di Parai. Jadi pas sampe Tanjung Pesona, bawaan nya pengen leyeh2 aja.

Kok ya pas banget lagi duduk2 di atas batu..eh ada pelangi :D
Can you see the rainbow?


Lama2 jadi pada tiduran dong adek2 gue. Susah banget disuruh gerak. Sementara gue juga ogah pindah2 buat foto2. Jadilah foto dengan background adek2 gue lagi tiduran sambil nunjuk2 entah apa :p



Sebetulnya, masih banyak pantai2 lain di Bangka yang patut disambangi. Gue denger dari sepupu gue yang tinggal di Bangka ada pantai yang baru dibuka di daerah Koba, sekitar 1-1,5jam dari pusat kota Pangkal Pinang. Maksudnya "dibuka" adalah, udah dibikinin fasilitas seperti toilet umum.

Gue lupa nama pantainya, tapi dari sana kita bisa sewa boat terus nyebrang ke pulau kecil sekitar 30menit an. Tampaknya seru yah..

Sayangnya kita kemaren ga sempet kesana..Mudah2an next time gue pulang kampung bisa sempet kesana yah :))

6 comments:

  1. itu pantai pasir padi jaraknya jauh juga yaa untuk menyentuh lautnya.. aak bangka ternyata sama aja kayak belitung banyak batu2 besarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dede ruslan
      iya bangka belitung mirip2 pantainya yah

      Delete
  2. gw pernah juga main air di parai dan betah banget leyeh leyeh kena angin pantainya.... cuma emang berasa matahari buka cabang disitu ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. theprahasto
      iya panas bener yaa. harus siap bawa baju ganti terus kalo di bangka

      Delete