Tuesday, March 25, 2014

Marine Walk : Fun Underwater Adventure

Sebagai orang yang ga bisa diving, gue sering penasaran rasanya berada di bawah laut. Dulu, gue pernah lho nyoba ikutan fun diving, tapi gue kesulitan atur nafas pake mulut. Baru nyemplung 3m udah megap2 minta naik. Alhasil gagal total pengalaman fun diving nya *tutup muka* Padahal cuma 6-10m aja loh itu.

Nyerah deh gue kalo soal diving. Mari kita mencari alternatif lain untuk melihat keindahan bawah laut. Kalo sebelumnya gue udah pernah naik Odyssey Submarine. Kali ini gue memilih jalan2 di bawah laut dengan Marine Walk.

Marine Walk merupakan salah satu dari sekian banyak vendor sea walker. Dengan sea walker  kita dapat berjalan2 di bawah laut melihat ikan dan terumbu karang menggunakan helm khusus. Tenang aja..kegiatan ini sangat aman kok.

Ada beberapa spot untuk melakukan sea walker.
- Sanur

- Tanjung Benoa. Basanya digabung dengan watersport seperti parasailing, flying fish, dll.

- Nusa Lembongan. Biasanya digabung dengan day cruise. Jadi memakan waktu seharian karena kegiatan nya banyak sekali. Dari mulai snorkeling, kayak-ing, dll.

Gue memilih Marine Walk karena kegiatan dilakukan di Nusa Lembongan yang konon airnya sangat jernih. Dari semua vendor yang ke Nusa Lembongan, Marine Walk yang kembalinya paling cepet. Sekitar jam 2 siang sudah kembali.

Sebenernya enakan yang cruise seharian yah, karena pasti lebih banyak kegiatan yang dilakukan. Tapi apa daya, kemaren itu keluarga gue udah harus balik jam 8 malam. Jadi harus nyari vendor yang half day.

Harga turis domestik:
Adult - 650rb (include penjemputan di hotel, makan siang, snorkeling, marine walk, dan kayak-ing)

Berhubung gue rombongan 5 orang dewasa, harga diatas diskon 10%. Dan karena gue pake fasilitas penjemputan dikurangin lagi 25rb/orang. Waktu itu udah telanjur dapet supir dari bokap.

Sayangnya azka belum boleh ikutan. Kebetulan ada nyokap juga yang ga berani ikutan kegiatan apa2. Jadi cuma nemenin azka. Nyokap di charge 450rb (untuk transfer ke Nusa Lembongan + lunch), sedangkan azka masih free.

Agak rugi yah, tapi ga mungkin kan nyokap gue ditinggalin sendirian? hehe

Jam 8 pagi, kita semua berkumpul dengan peserta lain di booth Marine Walk yang terletak di belakang Grand Inna Bali Beach Hotel di daerah Sanur. Kemudian semua di data dan melakukan pembayaran.

Note : pembayaran sebaiknya dilakukan cash karena kalo pake CC kena charge 3%.

Sekitar jam 9, semua peserta digiring ke tepi pantai untuk naik speedboat yang akan membawa kita ke Nusa Lembongan. Waktu tempuh ke Nusa Lembongan sekitar 30menit. Untuk yang kira2 mabok laut, staff Marine Walk menyediakan obat2an lengkap. Gue sempet minta tolak angin untuk gue dan azka. Untuk jaga2 aja sih.

Tiba di pontoon Nusa Lembongan, kita semua diberi arahan cara melakukan Marine Walk. Basically, cuma ga boleh panik dan nunduk2 untuk mencegah air masuk ke helm. Kemudian diajarkan juga yang harus dilakukan kalo kuping sakit. Selebihnya...lets have some fun!!

Alhamdulillah cuaca lagi cerah sekali. Dari pontoon aja udah terlihat dasar laut. Baguss banget.

Karena peserta nya lumayan banyak, sekitar 20 orang. Kami harus bergantian. Jadi gue dan keluarga memilih untuk snorkeling dulu. Azka ikutan loh :D Gue bawa arm band sendiri dan azka cuma pake kacamata aja. Gue belum kasih dia pake alat snorkel nya, kuatir azka bingung atur nafas lewat mulut. Biar aja pake kacamata renang walo cuma bisa liat sebentar2 aja ke dalam laut nya.

Bener kan..pemandangan dasar laut nya indah bangettt..Baru nyelupin kepala udah keliatan ikan2 dan terumbu karang. Ohhhh aku sukaa sekali. Azka pun excited karena dia bisa liat ikan2, para diver dan peserta marine walk yang dikerubutin ikan2 dari permukaan.

Sayangnya gue lupa bawa roti/makanan ikan. Kalo gue lempar roti pasti azka lebih happy deh disamperin ikan2.

Puas snorkeling, akhirnya tibalah waktunya untuk Sea Walk. Kedalaman laut hanya sekitar 5-6m. Untuk turun ke bawah hanya boleh max 3 orang. Sebenernya gue rada parno sih kemaren. Bolak balik nanya sama staff nya. Untung staff nya super baik dan helpful. Berkali2 meyakinkan kalo ini aman.

Akan ada 1 diver yang menjaga kita, dan 1 diver lagi yang akan sibuk foto2in kita selama di dasar laut. Jadi harusnya sih aman banget ya hehe.

Sebelum turun kita dipasangin pemberat di pinggang dan penahan helm di pundak. Helm nya ini berat banget sekitar 30kg tapi di dalam laut jadi cuma 2kg. Helm dipasang pas air udah sepundak kita. Jadi ga sempet terasa berat..beneran deh.

Untuk turun ke dasar laut, kita menggunakan tangga. Ga boleh dilepas pegangan sebelum kaki menyentuh dasar laut. Di dasar laut pun ada besi untuk kita pegangan selama berjalan karena kuatir tiba2 ada arus.

adek2 gue bersiap turun

I tell you what...it was amazing!! *kasih 4 jempol*

Ikan di bawah beraneka ragam dan berwarna warni. Air nya aslik jernih banget. Terumbu karang juga terlihat jelas. Ini baru 5-6m loh kedalaman nya. Gimana yang lebih dalam ya. Pasti lebih indah pemandangan nya.

Walopun gue kemaren baru 1/2 jalan mulai parno dan sempet minta naik :p :p Diver nya bingung ditanya "everythings oke?" (pake isyarat tangan) gue jawab dengan isyarat acungan jempol yang artinya "oke". Tapi gue minta naik haha.

Akhirnya si diver kayaknya kasih tau staff di atas, dan staff yang tau keparnoan gue nyemplung dong (tanpa alat), cuma untuk mastiin kondisi gue dan kasih isyarat untuk tetep stay di bawah (ga boleh naik) haha.

Selama di dasar laut muka gue parno banget. Ga ada bagus2 nya di foto. Terus bolak balik megangin tangan Okky. Kalo Okky jalan dikit gue tarik :p Ampe sekarang tuh si Okky dendam kesumat kalo liat foto2 :p :p

Yang menciptakan sea walker menurut gue genius. Sangat membantu orang2 macam gue yang ga bisa diving untuk bisa melihat keindahan bawah laut dengan mata sendiri.

Setelah kurang lebih 10-15 menit di dalam air, akhirnya kita naik. What an experience!

Speedboat kemudian membawa kita ke Nusa Lembongan untuk makan siang dan kemudian peserta boleh memilih untuk main kayak atau naik sepeda keliling pulau. Kita pilih main kayak. Aduh mak..ternyata susah ya ngedayung itu. Karena buat seneng2, ya kita sambil ketawa2 aja nabrak perahu2 nelayan yang banyak di tepi2 pantai :p

Azka seneng banget sampe ga mau diajak udahan. Sementara gue dan okky yang bagian dayung udah pegel. Kalo kata okky, gue sih ga ngedayung, cuma nyelup2in dayung ke air. Karena ga ada tenaga nya :p :p

Abis main kayak kita ganti baju dan kemudian siap2 untuk kembali ke Sanur. Sebelum naik speedboat, foto2 dulu dong yah..

And that's it..

Gue sangat merekomendasikan Marine Walk ini. Selain kegiatan nya seru, staff nya juga helpful. Semua diurus dengan profesional. Harganya juga masuk akal. Mungkin kalo azka udah bisa ikutan Marine Walk kita akan ikutan ini lagi :)

Sekedar tips, kalo mau sea walker, apapun vendor nya, kalo bisa pilih yang ke Nusa Lembongan nya. Supaya lebih puas karena pemandangan bawah laut nya bagus dan air nya jernih banget.

1. wah keren banget marine walk nya, itu tangganya nyatu ke kapal gitu ya, trus ada railing?

1. doena
      iya nyatu ke pantai dan ada railing buat pembatas sekaligus kita pegangan. Soalnya takut tiba2 ada arus dan keseret :))

2. Waaw asli gue mupeng!! keren bgttt pgn berenang ama ikan. note banget gue bakal bawa roti. kebayang Zahra pasti seneng deh. nunggu baby di perut udah gedean deh : )) *errr masih lama

1. iti
      bisa megang2 ikan tii..kerenn warna/i. ada yang pink segala..

3. hai mbak.. aq dulu pernah nyoba di Tanjung Benoa, memang airnya gak sejernih di Nusa Lembongan yah..tapi tetep it was so fun, sampe diajakin suami 2 kali sea walker hihihi.... dan kita memang dibekeli roti sama vendornya, jadi ikan2 berkerumunan lah.. sampe2 temen gw nemu ikan nemo luuuccuk deh... ^^

1. rachmi zen
      kalo pas sea walker kita memang dibekali makanan ikan yang banyak biar ikan nya pada nyamperin. Tapi yang pas snorkeling gue lupa minta. harusnya bisa minta ya biar ikan2 juga pada nyamperin ke permukaan hehe.

gue juga kayaknya pengen lagi nih. nunggu azka gedean biar bisa ikut nyemplung ke dasar laut. pasti lebih seru :D