Wednesday, October 9, 2013

Fun Shopping at IKEA Tampines





Seperti layaknya emak-emak kebanyakan aku juga agak histeris kalo mampir ke IKEA. Nama IKEA sendiri ternyata diambil dari nama founder nya yaitu Ingvar Kamprad Elmtaryd Agunnaryd. IKEA Tampines lokasinya agak dekat dan searah ama Changi Airports. Jadi kalau kesini aku selalu pas dateng banget dari Changi, atau sebelum mau pulang ke Changi mampir sini dulu. Koper-kopernya gmn? Boleh kok dibawa masuk. Mereka sediain 2 macam trolley : Trolly luar dan trolley dalam. Pastiin aja pas masuk kita pake trolley yang memang untuk didalam.

Saat ini IKEA yang terdekat dari negara kita memang di Singapore. ada 2 store di SG : di Anchor Point sama Tampines. Aku sendiri belum pernah ke Anchor point, tapi ktnya enak juga karena sebrangan ama mall Anchor Point, jadi bisa skalian belanja Cotton on dll. Selama ini aku selalu ke Tampines karena deket airport. Etapiiii jangan sedih, IKEA mau buka juga di Indonesia, horeeeeeee!! tepatnya ceunah di Alam Sutera. Ga sabar deh yaa.. moga2 lebih murah daripada di SG kaya H&M. Suka banget sama IKEA abisnya..

Gimana emak-emak gak histeris ya semua yang di display di IKEA emang lucu-lucu banget. Liat aja product catalog nya disini. Perusahaan home furnishing asal Swedia ini punya produk-produk istimewa dari segi design dan juga harga yang bersaing dari mulai furniture sampai home accessories. 


Setiap IKEA store dibagi menjadi 4 area : showroom, marketplace, self-serve warehouse dan checkout. Jalurnya udah dibuat sedemikian rupa kaya one-way dan mengalir gitu dari lantai 2 ke lantai 1. Jadi klo suka sesuatu mending diambil aja dulu, soalnya untuk balik lagi jalannya bisa rada jauh.

Diawal masuk showroom kita seperti mampir ke apartemen-apartemen mungil dimana mereka ngasih ide-ide brilliant untuk menghemat space tapi juga designnya cantik. Mulai dari ruang tamu, dapur, ruang TV/ruang keluarga, sampe kamar anak. Showroom akan ngasih kita beberapa ide kalo beli produk A, B, C itu bisa ditaro dimana aja. Disini aku ngerasa semua pengen di beli :D



pic taken from IKEA online catalogue here

Sampai di marketplace baru deh produk2 di display layaknya supermarket. Disini baru mikir yang tadinya mau dibeli kok yaaaa banyak yaaaa.. jadi dipilah-pilah lagi deh yang mana yang lebih penting.

Kalau kita tiba di warehouse section kita akan berasa ada di gudang pabrik beneran deh.. stocknya numpuk menjulang. Di IKEA kita akan selalu ambil apa-apa sendiri alias self service. Kecuali barang-barang besar seperti kitchen cabinet.



Kelar belanja, check out di kasir. Ganti ama trolley luar. IKEA nggak menyediakan packaging seperti plastik/kantong. Lebih baik memang bawa sendiri kantong nya atau bisa juga beli kantong plastik. Ada station untuk self packaging sih, lengkap sama tali, plester dan gunting. Kalo aku karena skalian mau balik ke airport jadi masukin koper aja semua. Emang sengaja udah disediain space di koper untuk belanjaan IKEA :D

Dining Experience 

Gak cuma shopping, di IKEA makan pun menyenangkan! Karena murah dan enak. Waktu pertama kali kesini aku agak bingung juga sih karena semua serba self service kan. Yah ada bengong dulu ngeliatin sign. Abis itu inspeksi ngeliatin orang-orang kok pada bawa trolley baki, baru deh ngerti alurnya dan mulai beli makanan.




Jalur makanan Halal di bedain di line 3. Tapi dasar dodol sih gue, kirain line 3 nyambung gt ama line 1 jadi antri mulai dari line 1 trus baru dibilangin sama penjaga nya kalau halal corner sebelah onoh noh ---> *nunjuk line 3* Mungkin gara-gara liat aku pake jilbab kali ya..Baru deh melipir ke line 3. Menunya mayan lengkap sih. Aku beli the famous IKEA swedish meat balls, chicken wings, sama oreo cake. Untuk minuman kita dikasih gelas kosong aja, lagi-lagi minumnya ambil sendiri. hehe..






Ada kids area di restorannya di lantai 2. Jadi anak-anak anteng maen sambil abis makan. Musholla juga ada. Toiletnya bersih. Pokoknya semuanya nyaman. Salut lah ama IKEA.

Setelah makan juga kita diminta untuk membereskan meja sendiri, taro aja trolley nya deket kumpulan piring kotor.




Selain restoran di lantai 2, ada juga food court kecil yang jual hot dog n ice cream murah meriah di lantai 1. Hot dog 1 dollar-an, es krim juga 1 dollar aja! Tapi ga ada meja kursi. 



Smales Kids Playground

Sebenernya ada playground anak-anak Smales yang bisa kita manfaatin. Tinggal register member aja, free kok. Cuma ya itu kmrn si Zahra tepar tidur di stroller, dan kita juga ga punya banyak waktu sih. Waktu 3 jam rasanya kok kurang ya, soalnya kepotong waktu makan juga.

Akhir kata semoga IKEA cepetan buka di Indonesia. Setujuuu ibu-ibuuuu?

10 comments:

  1. Ah, gw nyobain halal meat balls itu gak seenak yang digaung-gaungkan kok. Apa yang enyak itu justru yang gak-halal nya ? Entahlah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha eym.. klo ngmg bakso (meat ball) kepikirnya enakan bakso kampung : )) tp mayan sih meat ball nya gurih. Dan murah!

      Delete
  2. udah beberapa kali ke Spore (dan KL) tapi ga pernah (beneran niyat) mampir di IKEA.
    Bukan karena ga suka.
    Tapi karena.... takut kalap..

    -_______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener kalo takut kalap mending gak kesini jeng.. parah deh lucu2nya -______-

      Delete
  3. ehh? yg di tampines seru banget, aku kayaknya waktu itu pernahnya ke IKEA yang di Alexandra deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah blm pernah ke Alexandra. pengen kesana tapi gak sempet terus... :)

      Delete
  4. eh boleh ya foto-foto gw perasaan pas di ikea taipei gak boleh deh keknya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yang gue tanyain kmrn ama Dhita, abisan gue kan masuk aja gt ga liat sign nya. Gak boleh ya li? tapi klo di resto nya boleh kali ya?

      Delete