Wednesday, August 2, 2017

Whale Watching Sydney

Kita termasuk cukup beruntung pas kemaren ke Sydney bertepatan dengan Vivid Sydney Festival (nanti gue tulis terpisah ya) dan juga humpback whale season. 

Kebayang ga sih seru nya liatin paus yang gede2 itu seliweran di depan kita? 

Whale season di Australia dimulai dari bulan Mei sampai dengan October. Di antara bulan-bulan tersebut kita bisa liat beberapa jenis paus, terutama humpback whale atau paus punggung bungkuk bermigrasi dari antartika ke sepanjang garis pantai Australia untuk melahirkan anaknya. Konon puncaknya adalah di bulan Juni/Juli.

pic from here
Bisa diliat dari peta diatas, tempat untuk melihat paus bisa di sepanjang pantai Australia. Jadi ga harus dari Sydney. Beberapa spot yang terkenal adalah Eden (NSW), Hervey Bay (QLD), Port Stephens (NSW), dan Warnambool (VIC). Gue kemaren dari Sydney karena yang paling gampang akses nya buat kita.

Di Sydney, banyak sekali pilihan operator whale watching. Kapal yang dipake pun ada 2 pilihan. Ada yang menggunakan peedboat kecil untuk sekitar 10 orang, ada juga yang pake kapal besar untuk puluhan orang. 

Bedanya, kalo pake speedboat lebih cepet. Total tour nya paling 2-3 jam. Sementara kapal besar sekitar 4 jam an. Gue memilih yang kapal besar. Karena gue rada ngeri pake speedboat di tengah laut. Apalagi bawa Azka kan.

Kemaren gue pake ozwhalewatching yang kebetulan menawarkan promo di groupon. Maklum emak2 sebisa mungkin nyari diskonan. Harga yang ditawarkan berkisar 60-90aud per orang. Sementara di groupon promo nya sekitar 50%. Lumayan kan. 

Rata2 paket tour nya sudah termasuk makan. Kita bisa pilih mau breakfast atau lunch. Gue milih breakfast aja karena berdasarkan pengalaman, ombak di laut lebih tenang kalo pagi. 

Tour dimulai dari Darling Harbour. Kita akan dibawa ke whale point yang lokasinya kurang lebih 1 jam dari Darling Harbour. Sesampainya di lokasi, selama 2 jam kita di tengah laut nunggu paus nya muncul. Kemudian balik lagi ke Darling Harbour. Kalo ambil yang pagi, sebelum makan siang udah sampe lagi kok ke Darling Harbour. 

Pastinya kita kepengen liat paus dari dekat dan mempertontonkan atraksi dia lompat seperti di foto atau iklan kan. Tetapiii, perlu diingat kalo kita melihat paus di habitat asli mereka. Walopun hampir  semua operator memiliki whale device yang bisa track para paus dan memberi garansi 90% pasti keliatan, tapi kita ga pernah tau pasti apakah benar2 akan terlihat jelas dari jarak dekat. Apalagi sampai lompat2an. 

Makanya, menurut gue sih, dont set your expectation too high

Gue awalnya pun udah pesimis karena cuaca Sydney waktu itu lagi jelek. Mendung dan ujan terus. Gue pun deg2an ombak nya bakal tinggi dan mabok laut. Sebelum berangkat, kapten kapal nya jelasin kalo ombak kemaren 2m >_< tapi hari ini diperkirakan sekitar 1m. Dijelasin juga kalo ngerasa mual harus liat laut. Kalo bisa keluar sekalian. Karena kalo dibawa tidur atau di dalam  kapal malah bikin makin parah. Gue udah siap2 tolak angin, pas banget gue lagi ga puasa.





30 menit perjalanan masih oke. Setelah itu ombak nya makin tinggi. Azka mulai mual dan langsung gue kasih tolak angin + teh anget. 

Untung ga lama kemudian kita sampai whale point nya. Ga bikin lebih baik sih, malah lebih parah :p karena selama nunggu paus, mesin kapal dimatiin. Jadilah kapal kita terombang ambing di laut.

Yang gue suka, sang kapten nya aktif ngasih tau dari arah mana  paus akan muncul. Dia juga aktif koordinasi sama boat lain, saling kasih info kalo mereka liat paus lebih banyak/dekat. Nah pas nunggu paus ini keliatan kalo yang speedboat kecil lebih lincah. Begitu keliatan paus nongol , langsung ngebut nyamperin. Sementara kapal kita yang besar lebih seloww jalan nya. 

Setelah dikasih info operator lain, kita pun beberapa kali pindah tempat. Sampai akhirnya dapet spot dimana beberapa paus mondar mandir keliling kapal kita. 

Yang paling shock sekaligus takjub, waktu gue lagi bengong di pinggir kapal, tau2 paus nya muncul dari bawah kapal persis di samping gue. Gue ampe mo lompat saking kaget nya. 

It was unbelievable!

Gue tergolong beruntung bisa liat paus lumayan banyak. Walo ga ada yang sampai lompat. Ini aja Azka udah happy dan terkagum2. 

Menurut gue, whale watching ini worth it banget dicoba untuk yang lagi liburan ke Sydney. Jarang2 kann bisa liat paus langsung di laut lepas. Whale watching ini bisa dilakukan semua umur. Di boat gue ada anak bayi yang ikutan. Tampaknya dia baik2 aja. Malah sibuk merangkak kesana sini di kapal. 

Tips:
1. Sediakan waktu lebih dari 1 hari untuk whale watching. Hampir semua operator menawarkan kalo bisa liat paus sama sekali. Atau karena cuaca buruk. Booking lah di hari2 awal tiba di Sydney, supaya kalo harus mengganti hari masih sempet.

2. Selalu bawa obat anti mabuk. Bisa tolak angin atau apapun. Buat yang gampang mabuk, lebih baik langsung minum aja sebelum pergi.

3. Bawa jacket. Walopun pergi nya bukan pas winter, tapi di tengah laut sering berangin. Buat jaga2 aja daripada kedinginan.

4. Kalo punya temen yang tinggal di Australia, bisa minta tolong beliin voucher whale watching tour di groupon. Payment nya harus CC Aussie, tapi penggunaan voucher nya bisa siapa aja, ga harus yang beliin. Hematnya bisa lumayan banyak :)

Buat yang penasaran pengen tau kayak apa kira2 liat paus di tengah laut, bole ditonton 2 video ini ya. Tolong abaikan suara2 gengges gue yang kelewat heboh :p




Yang ini hasil editan nya Okky..

No comments:

Post a Comment