Wednesday, March 13, 2013

Winter Holiday : Yay or Nay?

Siapa yang suka ngiler kalo liat foto2 orang lagi bersalju ria? akuhhhh *tunjuk tangan paling tinggi*
Wajar aja kan, apalagi kita tinggal di negara tropis. Pengen nya pas jalan2 ke luar negri cari suasana yang berbeda. Kalo liburan pas winter apalagi bersalju berasa bener2 di luar negri.

Tapi begitu terealisasi..

apakah pendapat gue masih sama?
apakah beneran menyenangkan?
secantik itu kah view ya?

Gue coba jabarin plus minus nya yah..and let you decide.
So, Let see..shall we?



Karena udah pasti ada perbedaaan suhu yang drastis, jadi persiapan sebelum pergi pun bertambah banyak.

Extra Budget
Yang pasti nih, budget jadi membengkak (BANGET!!). Ini di luar tiket pesawat dan hotel yah.
Akibat banyaknya "perlengkapan perang" yang harus dibeli.

Bayangin aja, 1 coat/jacket (kalo bisa down jacket/jaket bulu angsa) itu harganya antara 300-2jt. Bayangkan kalo pergi sama suami dan anak, berarti dikali 3.

Thermal/long john, daleman yang konon sangat penting, karena bisa bikin kita hangat. Harganya pun antara 100-700rb/pasang (atasan dan bawahan).

Belum lagi perintilan lain yang kecil2, tapi ternyata sama penting nya, kayak topi, gloves, dll. Percaya atau tidak sarung tangan dan topi itu harganya bisa mencapai ratusan ribu loh.
Nanti gue tulis juga di post terpisah deh detail perlengkapan winter nya :)

Alhasil, belum juga berangkat tapi dompet udah bolong! *nangis*

Susahnya mencari perlengkapan winter
Kalo semua perlengkapan winter nya bisa didapat di jakarta sih masih mending ya..
Tapi ternyata susah lho nyari nya..

Jacket/coat kata orang2 gampang cari di FO-FO, terutama di bandung. Tapi untuk anak2 kadang agak susah cari size nya. Selain susah size nya, model yang cocok juga susah sih. Biasanya model udah suka, eh size ga ada. Atau model dan size ada eh harganya GA SOPAN! Yang terakhir yang paling sering sih hihi. 

Yang paling susah itu nyari perintilan nya, kayak sarung tangan dan kaos kaki (apalagi untuk anak2).
Kebanyakan sarung tangan yang dijual di jakarta itu berbahan rajut, ya pastinya ga mempan lah untuk winter yang suhu nya minus gitu.

Untuk itu, terpaksalah gue ngerepotin temen2 gue yang di luar negri dan akan balik indo untuk dititipin macem2. kecil2 sih yang dititip, tapi kan bikin repot orang ya neyk. Belum lagi ada kemungkin size nya ga pas.


Traveling with no baggage is not an option
Ya logika nya dengan sebanyak itu perlengkapan winter, apa mungkin traveling 1 minggu dengan cabin luggage doang. Sementara coat nya aja udah tebel gilak.

Apalagi kalo perginya sama anak si udah pasti ga mungkin lah ya. Sebagai gambaran, gue kemaren di cabin aja bawa 2 koper. Hah?banyak amat? Ya abis gimana..dari tour guide nya disarankan begitu. jadi di cabin kita udah harus bawa jaket dan semua perlengkapan winter. Supaya begitu turun pesawat bisa langsung pake. Sambil nunggu bagasi dateng kita bisa keluar2in tuh perlengkapan nya dan mulai dipake.

Jadilah 1 koper diisi jaket gue dan okky, sedangkan 1 koper lagi diisi jaket azka dan baju kita masing2 1 stel (gue selalu bawa baju cadangan di cabin in case koper kita nyasar/ilang).

Buat yang biasanya suka menghemat budget dengan ga bawa bagasi, you better think again. Eh tapi kalo nemu caranya gimana hemat pas winter gitu share juga yah hihi.

Mentally prepared
Selain nyiapin perlengkapan winter. Persiapan mental rasanya yang paling penting deh.  Beneran..
Pasti badan kita "kaget", yang biasanya sehari2 suhu nya 29 derajat tiba2 drop ke -15. 

Mungkin sih ini gue doang ya..yang sok2 an pengen liburan salju, tapi ga inget kalo di jakarta aja gue selalu set AC di kamar 24. Itupun gue selalu masuk ke dalam selimut semaleman.

Gue pernah ngerasain main2 salju dulu pas kuliah di melben (di mt. Buller). Tapi waktu itu selalu dapet yang enak cuaca nya. Bersalju tapi matahari nya kerasa hangat. Ga perlu pake coat bulu angsa udah cukup. 

Berdasarkan pengalaman itu, gue sok yakin aja di Korea bakal baik2 saja. 
Ternyata..

I was WRONG!!

Gue sampe diomelin ama okky, karena pas hari pertama sampe, gue kedinginan dan ga mau keluar main salju :p Soalnya azka jadi takut keluar juga. Ya bokk..harap maklum ya disini mental ndeso. Terpaksa lah gue mau ga mau harus memaksakan diri untuk stay cool depan azka. 

Kaget banget cuma hari pertama sih. Hari2 berikutnya badan kita udah lebih terbiasa kali ya. 

Nah loohh mulai ciut ga nyalinya? Eitss jangan sedih...
Serunya juga pake BANGET kok!

Playing With the Snow
Ya it's like a dream come true bisa main2 di salju. pegang2 salju dan main ski. Sayang banget camera gue ilang jadi ga ke "capture" moment nya.

Yang biasanya liat di TV jadi bisa ngerasain beneran deh. Seruuu...
Malahan ipar gue sempet kepikiran pengen balik lagi tapi stay di ski resort nya 3malem biar bisa puas main ski.

Snow Everywhere
Yang membuat pemandangan jadi cantikkk banget. Apalagi pas kita naik ke Mt. Sorak. Walopun perjuangan berat ya untuk naik ke atas.

Bayangkan..jalan kaki sekitar 2km dengan suhu -20 dan ber-angin. Rasanya sungguh ugh lala cetar membahana. Tapi begitu kita sampe diatas dan liat view nya. Wowww..keren makkkk!!
Gunung nya semua putih ketutup salju. Kayak di postcard. Such a breathtaking view!

Its time to wear your Boots and Coat
Untuk ini kadang gue suka menyalahkan toko2 di indo deh. Orang ga ada winter tapi pas winter, koleksi nya semua boots dan coat. Kan jadi ngiler pengen beli dan pake. Tapi biasa nya mikir "buat dipake kemana?"

Boots gue udah ada di lemari dari taun kapan..ga pernah dipake. Beli karena harga murah meriah haha.

Kemaren akhirnya ada kesempatan dipake deh tanpa harus merasa saltum. Eh tetep salah deng sebenernya, karena boots gue sebenernya not made for snow. Jadinya kurang anget dan licin. But beauty is pain after all, right? Errrrr NOT! *elus2 badan yang biru2 karena kepeleset melulu*

Ah yang penting kece lah di foto. Biru2 nya ga keliatan kan haha *tertawa miris*

Tapi sebenernya kalo mau tampil kece ga bisa juga sih kalo liburan winter yang sampe minus nya belasan kayak gue kemaren. Soalnya jaket aja harus yang tebel banget. Ya udah ga keliatan lagi deh bentuk badan. Belum lagi pake syal tebel dililit2. Di beberapa tempat gue bahkan harus lilitin syal sampe ke hidung.

GImana mau keceee??
Kalo kata tour guide nya sih "yang penting hidup ya ibu2, jangan pikirin fashion" hahaha
Gpp lah ga kece, asal udah ngerasain pake outfit berbeda dengan di indo. Seru juga kok..Ya kannn..

Memorable Trip
For me, winter holiday ini bener2 pengalaman yang tak terlupakan. Soalnya semua campur aduk. Banyak banget pengalaman baru.

Seneng karena bisa main salju? checked
Sebel karena kesakitan akibat kepeleset melulu? checked
Mau nangis karena kedinginan? checked
Terbengong2 ngeliat view yang sungguh cantik? checked
Super happy karena nemu f21 yang lagi diskon gede2an? checked #eh?

Pokonya liburan kemaren buat gue bener2 tak terlupakan sih..

So what do you think? have you decided..yay or nay for winter holiday?

For me..hmmmm still yay..
BUT...kalo bisa suhu nya minus single digit aja ya kakak :D

btw, mau liat foto gue di suhu -20?


7 comments:

  1. Bok, terang aja lo kedinginan minus 20 lo pake baju gitu doang? hahaha.. gue kayanya cemen sih.. orang di snow world aja gue cuma tahan 30 menit... eerrrr *ndeso*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iti
      itu ga GITU DOANG baju nya..udah 3 lapis atasan, bawahan nya udah 2 lapis haha. gloves udah pake tapi masih harus masuk kantong kalo ga tetep beku tangan gue.
      itu kalo syal di idung gue buka, bisa2 idung gue kesenggol patah kayaknya. haha

      pengalaman tak terlupakann deh tapi nya. tetep seruu *senyum sambil meringis*

      Delete
    2. Gue 13 derajat aja atasan 4 lapis, bawahan 2 lapis. kalo minus gue kynya pake coat yang kaya eskimo gitu buat salju.. hahaha..

      Delete
    3. iti
      gue udah pake jaket eskimo kan ti. eh tapi badan si ga terlalu beku. tangan kaki yang lebih kedinginan hiks

      Delete
  2. ahahaha.. langsung jd postingan terfavorit deh ini *ga bisa ga ketawa bacanya :D
    kayanya.. nay deh! blm sanggup mental di -20, dan...blm siap kantong liat printilannya yang banyak banget >.<

    noveriya

    ReplyDelete
    Replies
    1. noveriya
      hihi..emang sih bikin bangkrut banget liburan winter gini. tapi kemaren pengen banget liat salju, jadi di bela2in deh. tapi disana jadi ga bisa terlalu banyak shopping karena kantong nya udah jebol duluan hehe

      Delete
  3. pengalamannya mahal ya dhit! :p
    gw baru ngerasain di beijing yg early winter aja menggigil2 ngga keruan.. baju udah 3 lapis,,celana 2 lapis.. :))

    pengen sih ngerasain salju tp kepingin yg di eropa sanah.. hihih nabung dulu deh kalo yg ini.

    ReplyDelete