Saturday, January 28, 2017

1 Day Trip to Stonehenge And Bath


Stonehenge masuk di salah 1 tujuan utama gue pas ke London. Dari jauh2 hari gue udah beli paket  tour di Groupon UK. Tour yang gue beli udah termasuk ke city of Bath.

Check in dimulai jam 8 pagi di Victoria Coach Station. Dan gue hampir telat dong >_< Udah lari2 an, karena parno takut ditinggal. Untunglah sampe nya pas2 an. Begitu sampe langsung check in dan masuk bus *lap keringet*

Ga lama bus pun mulai jalan menuju Stonehenge. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam. Sesekali supir yang merangkap tour guide nya ngejelasin desa2 yang kita lewatin. Yang lucu, sebelum sampe ke tempat parkir bus di Stonehenge, kita udah ngelewatin ancient stones nya. Dan kesan pertama gue begitu sampe Stonehenge "loh batu nya kecil ya ternyata" hahaha. Perasaan kalo di foto2 gitu terlihat gede. 

Setelah bus parkir, kita dibagiin ticket shuttle bus untuk menuju ancient stones. Lokasi parkiran nya jauhhh, ga bisa jalan kaki. Jadi emang untuk ke ancient stone, harus naik shuttle bus. Err bisa jalan kaki kalo kuat kali ya. Tapi gue sih males, ngabisin waktu amat sis hehe. Apalagi kalo lagi dingin, sapa yang kuat..


Sebelnya, gue agak saltum pas ke Stonehenge ini. Liat di aplikasi cuaca katanya sih akan sunny dan ga terlalu dingin. Jadilah gue cuma pake cardigan aja. Iya bener sih cerahh cuacanya, matahari cerah ceria. Tapi pas turun dari bus baru deh kerasa..ya mamihhhhh angin nya gede dan bikin beku. Sumpah gue pengen nya ngumpet di cafe aja. Tapi udah jauh2 kesini kann. Dengan berbekal cape (yang hampir terlihat seperti selimut) hasil pinjeman ke temen gue, gue pun akhirnya memaksakan diri untuk ke ancient stone nya. Semangatttt!!!

Sebenernya gue ga terlalu terkesan ama Stonehenge. Tapi temen gue pengen ngiterin batu2 nya. Padahal menurut gue sama aja dari segala sisi :p Mungkin karena gue kedinginan kali ya makanya ga terlalu semangat muterin batu2 nya. Pengen cepet2 udahan menghangatkan badan di cafe aja.

cape aka selimut hasil minjem



sebel pas liat foto kayak pake selimut, jadi demi foto yang lebih kece mari kita buka :p


Ternyata cafe dan toko suvenir nya juga rada garing. Jadi kita lanjut foto2 aja deh..





Setelah waktu yang ditentukan untuk explore Stonehenge habis, gue pun kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan selanjutnya ke City of Bath. Memasuki kota Bath, gue langsung tau kalo gue bakal suka banget ama kota nya. Disini ada historical site juga Roman Bath yang merupakan pemandian  umum di jaman Romawi.

Tour yang gue beli belum termasuk tiket untuk masuk ke Roman Bath. Jadi terserah aja mau masuk atau ga. Ngeliat antrian yang lumayan panjang untuk masuk ke Roman Bath, gue memilih untuk nyari makan siang dulu. Laper sis, secara pagi ga sempet sarapan dan cafe di Stonehenge garing.

Bener kan..pas balik ke Roman Bath udah mulai sepi. Ga ada yang antri malah. Gue pun langsung ke loket tiket untuk beli. Harganya 15gbp/orang.

Personally, gue lebih suka sama Roman Bath daripada Stonehenge. Keren deh!











Roman Bath ini ga terlalu gede kok. Jadi 1-1,5 jam aja menurut gue udah cukup. Tour yang gue ambil ini cukup oke karena kita masih punya sisa waktu untuk explore city of Bath. Seperti yang gue bilang di atas, dari awal memasuki kota ini aja gue udah jatuh cinta. Kota nya kecil, sepi, dan cantikkk banget. Laff banget deh pokonya.

Gue ga berani jalan jauh2 dari meeting point sih. Takut nyasar dan takut lupa waktu. Tau2 udah jauh kan bingung baliknya. Bener deh, baru liat sedikit saja sudut city of Bath udah keliatan kalo kota ini cantikk sekali. Pengen sih kapan2 gue bisa explore lebih lama lagi kesini dan kota2 kecil lain sekitar.









Cantik kan?

Pas jalan balik ke meeting point, kita liat ada satu cafe untuk high tea yang rame banget. Padahal tempatnya kecil. Gue intip isinya banyakan nenek2 gitu. Tapi temen gue tetep penasaran, jadi kita pun iseng nyobain.

Err ternyata cafe nya ga enak sama sekali. Lemon cake yang gue order juga aneh gitu rasanya. Teh nya si lumayan.


tuh kan nenek2 semua ga sih? :p
Menurut gue buat yang mau ke Stonehenge emang lebih baik beli paket day tour aja dari London. Atau kalo mau lebih puas bisa sewa mobil terus nyetir sendiri deh. Pasti seru tuh bisa sekalian liat desa2 kecil yang cantik di sekitar Stonehenge/Bath. Soalnya kalo gue browsing2 kok kayaknya agak ribet ya kalo naik train.

Buat yang mau ke London. Coba ubek2 Groupon UK deh. Menurut gue suka ada promo yang lumayan oke :)

8 comments:

  1. Bruntung bgt dit ke stonehenge lg cerah gtu cuacanya..gw waktu dulu kesana udahlah jln sndiri (literally sendirian) ga ikut tour..dan keujanan..buset dingin bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Variii gue ga kebayang kalo ujan soalnya itu kan di daerah batu2 nya ga ada atap sama sekali kan. Terus cafe nya juga kecil. Kalo ujan numplek semua dong. Dan pasti dingin banget yaa. Secara disana bener2 kayak di antah berantah ga ada apa2 selain sapi dan hamparan rumput :p

      Delete
  2. Sis itu Roman Bath jaman dulu airnya gak ijo gitu kali ya :D Apa mandi air ijo :| #penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waakakaka iya yak..
      dulu harusnya ga sebutek itu sih, kan airnya diisi pake geothermal water yang konon bisa nyembuhin penyakit.

      Ini kayaknya karena sekarang Roman Bath ga ada tutup nya, jadi bukan full thermal water yang ngisi pool nya. Ada air ujan juga haha

      Delete
  3. Mbak tournya dpt darimana? aku lagi cari cari juga tour ke sana... thanks yah mbak..

    ReplyDelete
  4. toko souvenir nya mirip rumah suku aborigin 😂

    ReplyDelete
  5. Hi,
    Salam Kenal ya Dit. Aku berencana ke stonehenge juga akhir January 2018, di groupon UK harga nya ada aku lihat 28 sd 30 Pounds. murah juga. anyway yang aku mau tanya:
    1. groupon yang kamu ambil include exclude nya apa aja?
    2. dapat penawaran di tour lain seharga 86 Pounds sudah include (bus, windsor castle, bath and roman, stone henge dan lunch pack), apakah itu worth it?

    terima kasih. ditunggu cerita2 selanjutnya.

    regards,
    Erwin

    ReplyDelete