Friday, June 3, 2016

Keukenhoff : Tulip Festival 2016



Sama seperti banyak orang ke Jepang untuk melihat sakura, tujuan utama kita ke Amsterdam memang untuk melihat bunga tulip. Tau ga, walaupun bunga tulip identik dengan Belanda, tapi ternyata bunga tulip bukan berasal dari Belanda, melainkan dari Asia Tengah.

Menjadi terkenal di Belanda karena ada seorang peneliti dari Belanda yang mempelajari tulip dan berusaha membuat variasi/jenis baru bunga tulip. Percobaan itu pun berhasil, dan sang peneliti mendapatkan warna2 baru yang cantik. Ini membuat bunga tulip langsung terkenal di seluruh penjuru Belanda hingga kini. 

Lokasi paling populer bagi turis untuk melihat tulip di Amsterdam adalah di Keukenhoff, yang berlokasi di Lisse, kurang lebih 30 menit dari Amsterdam. Taman yang luas nya kurang lebih 32 hectar ini hanya dibuka ketika spring pas tulip mulai berbunga. Taun 2016 ini, Keukenhoff buka dari 24 Maret - 16 Mei. Jadwal taun depan bisa diliat disini ya. 


Perjalanan ke Keukenhoff ini buat gue paling tak terlupakan :D
Kenapa? Baca terus yaa..

Hampir semua orang di rombongan kita udah pernah ke Keukenhoff. Ketika kita jalan dari hotel, mertua gue udah bolak balik komen "kok kita masuk tol nya ke arah Mastrich lagi si?" Tapi kata Okky ya percaya aja lah sama GPS nya. 

30 menit berlalu, kita masih belum sampe. Ipar gue yang udah pernah ke Keukenhoff sempet bilang "Dulu perasaan deket ya. Max 30 menit udah sampe" 
Masih positif thinking mengira GPS mengarahkan kita dari rute yang berbeda. 

1,5 jam kemudian, mulai masuk ke area perumahan dan sepertinya udah di luar kota. Ga lama GPS nya ngomong dengan lantang "arriving at your destination on right!!"

Semua menengok ke kanan dong..
Sambil celingak celinguk kebingungan..

LHA KOK GA ADA TAMAN NYA?? 

Tau tau kita meliat sign "KEUKENHOFF" terpampang nyata dan manja pemirsa..
Bukan taman, tapi TOKO BIBIT BUNGA!!

Ya mamihhh!!

Spontan semua ngakak di mobil. Nyasar nya ga tanggung2, 1,5jam aja dulu siss..
Ternyata seperti nya salah masukin alamat Keukenhoff di GPS, nyasar ke Keukenhoff yang berbeda hahaha.

Itulah seru nya kalo jalan2 tanpa jasa tour agent. Ribet dikit gpp, yang penting cerita nya banyak untuk dikenang :))

Hampir 2 jam kemudian akhirnya kita sampai juga di Keukenhoff yang bener.
Harga tiket bisa liat di foto ini ya


Cuaca hari itu sangat mendukung. Matahari bersinar tapi masih ada semilir2 angin. Ga heran hari itu ramee banget yang datang.

Di dalam Keukenhoff, mata kita bener bener dimanjakan dengan pemandangan bunga berwarna warni. Deretan bunga dibentuk dan diatur sedemikian rupa. Sungguh cantik!


















Ga cuma bunga tulip aja yang ada di Keukenhoff, tapi banyak bunga lain nya yang ga kalah cantik. Termasuk sakura.














Di dalam Keukenhoff ada booth yang menjual aneka macam cemilan dari keju. Kita nyobain keju rasa rosemary dan tomato. Sebenernya ini mah gampang bikin nya. Tinggal keju dipotong2 dibalur tomat atau rosemary doang.




Kita hanya sempet muterin sebagian dari Keukenhoff. Itu aja udah ngabisin waktu kurang lebih 3 jam an.. Mungkin buat yang suka bunga atau foto2 dan mau explore ke semua bagian butuh waktu setidaknya 5-6 jam supaya puas. Yang pasti si kalo bawa anak2 sepertinya akan cepet bosen disini karena ga terlalu banyak yang diliat buat anak2. Cuma ada sedikit binatang yang bisa jadi hiburan untuk anak2.

Sama seperti tips ke semua tourist attraction, lebih baik datang sepagi mungkin supaya belum terlalu rame. Kita kemaren tuh udah berangkat pagi banget, tapi karena sempet nyasar jadi sampe Keukenhoff udah kesiangan.

Gue sebenernya justru lebih tertarik ke tulip field yang keliatan dari area parkir. Gue liat di brosur bisa muterin pake boat/sepeda/jalan kaki. Malah kayaknya tulip field ini bisa dimasukin dari area parkir deh.

Pic source from here

Bagus yah?
Well..maybe next time :))

Video kita di Amsterdam bisa liat di post sebelumnya disini ya


Keukenhof Gardens,
Stationsweg 166a,
2161 AM LISSE

6 comments:

  1. Hai
    Mau nanya selama di europe pakai internet apa ya? Atau pake portable wifi? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello
      kemaren ga pake internet si, karena road trip rata2 di 1 negara cuma 1-2 hari. Jadi sayang kalo beli lokal simcard. Kita cuma ngandelin public wifi sama wifi di hotel aja si

      Delete
  2. Huwaah berarti luas banget yaa kalo ngiterinnya butuh waktu 5 jam. Gempoor mba hehe.. Bagus bgt Keukenhoff dan sangat terjaga, yaa.. Seger ngeliatnya :D Salam kenal ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dita, salam kenal juga ya
      Iya luas banget emang. tapi kmrn kita kan muterin nya sambil santai2. Banyakan duduk juga karena bawa ortu yang gampang capek

      Delete
  3. Enak banget bisa jalan-jalan. Izin menikmati tulisannya.

    ReplyDelete
  4. wah. mbaa kece. keukenhof. destinasi impian banget ih. berharap jg bisa kuliah master di sana. hehe. doanya ya mbaa. mau main volendam jg. wkwk
    oh y btw, salam kenal ya. butuh masukan dan bimbingan d tulisan2 saya. monggo berkenan mampir d insanwisata.com

    ReplyDelete