Tuesday, July 7, 2015

Harta Karun di Museum Nasional Indonesia



Percaya gak sih, aku kan lahir di Jakarta.
Trus selama masa kecil keliling kota di Jawa pasti tiap tahun ke Jakarta.
Bahkan 6 tahun terakhir aku tinggal di Jakarta.
Dan 2 tahun diantaranya aku ngantor di Jl. Medan Merdeka Selatan.

Tapi...............................

Aku gak pernah SEKALIPUN ke MUSEUM NASIONAL INDONESIA.

Huwaaaaa.. cemmana yak.. padahal dari kantor dulu tinggal ngesot loh.


Sampai kemarin ada temen dari Semarang yang ngajakin untuk playdate ke Museum Gajah, yang ternyata setelah di Googling yang dimaksud adalah Museum Nasional Indonesia ini. Sebenernya aku udah ngecengin sih dari dulu. Tapi selalu aja gagal kesini. Jadi begitu ada yang ngajakin aku langsung bilang OKE!

Aku selalu suka ke Museum, dan pengen anak-anak aku merasakan hal yang sama. Banyak sekali hal menyenangkan, misterius dan unik untuk ditelusuri, rasanya seperti mencari "Harta Karun" yang tersembunyi. Dan pastinya anak-anak juga akan mendapatkan pelajaran tentang sejarah dan budaya.





Museum ini terdiri dari 2 gedung. Gedung sebelah kiri (belakang patung gajah) cuma 1 lantai, dan lay out bentuk huruf U. Ada banyak benda bersejarah dari seluruh adat di Indonesia, miniatur rumah adat, furniture Raja-Raja jaman dulu yang berumur ratusan tahun, keramik Cina, sampai patung-patung batu.









Gedung kedua di sebelah kanan ada 4 lantai. Gedung ini lebih modern dari gedung sebelah kiri. Display nya juga lebih terang dan space lebih luas.





Yang paling menarik untuk anak-anak adalah Kid's Corner nya. Disini kita bisa main angklung, melukis kendi, melukis payung kertas, mewarnai dengan crayon, melukis batik, maen congklak, foto dengan baju adat, main boneka tangan, dan masih banyaaak lagi pretelan lain yang bisa jadi aktifitas belajar sambil bermain. Seru banget! Dan semuanya gratis gak dipungut biaya lagi.













Zahra si 6 tahun betah lama-lama disini. Abis banyak banget yang bisa dilakukan. Sebagai catatan, kid's corner di Museum Nasional Indonesia cuma buka di hari kerja saja, sampai jam 14.30 WIB.

Gak berasa kita udah hampir 3 jam disana. Dan total kesenangan itu cuma dengan bayar tiket masuk Rp.5.000,- untuk orang dewasa, dan Rp.2.000,- untuk anak-anak. Murah banget!

Tepat di depan Museum ada City Tour Bus yang lewat setiap 15 menit sekali. Jadi kalau mau lanjut tour Jakarta tinggal naik aja bus tingkat ini. Anak-anak selalu seneng kalau diajak naik bus tingkat, kenapa ya hahaha..

Senang sekali menemukan "Harta Karun" ditengah hiruk pikuk kemacetan Jakarta. Pengen deh balik lagi kesini kalau si adek udah agak gede ^^ Si 6 tahun pulang dari Museum langsung banyak pertanyaan dan diulang lagi apa aja yang udah dia liat. Tinggal PR kita jawab-jawabin deh ya hahaha.



Museum Nasional Indonesia
Jalan Medan Merdeka Barat No. 12

6 comments:

  1. Aku belum pernah ke museum ini, keren ya Mbak dalamnya :)

    ReplyDelete
  2. Suami gw tuuuhh.. Sekarang di medan merdeka, kalo pulang pasti naik busway dari monas (yg notabene depannya museum gajah) tapiiiii.. Gak pernah skalipun kesana. Bahkan dari kecil puunn.. *pukpuk Udjo* Sekarang lebih terang yaa.. Gw beberapa kali lewat situ slalu ngebatin pengen ajak anak2 kesana. Harus di jadiin nih. Apalagi kids cornernya menarik.. Abis lebaran kali yaaa.. Tfs Iti. :)

    ReplyDelete
  3. Gue suka museum ini!! Sama kejadiannya. Setelah bertahun tinggal di Jakarta baru diumur 25 tahun ( berkurang Pahala puasa berdusta dipagi hari) sempat kesini. Tampilannya menarik dan informative juga muraah. Ini beneran harta Karin deh. Nanti nyobain jg Museum Fathahillah DKK di kawasan kota tua. Seru juga

    ReplyDelete
  4. hihiihi...gw seriiing bgt dulu kesini, karena semua signage didalamnya itu yg bikin ktr suami gw sewaktu abis renov gede2an dulu...seru yah museumnya sekarang

    ReplyDelete
  5. Terakhir kesini studi tour SMP dan udah lebih dari 10 tahun gak pernah kesini lagi >_<

    Watch movie

    ReplyDelete